Menjaga Kesehatan Ginjal dengan benar

Tags

Baca Juga

Menjaga Kesehatan Ginjal dengan benar - Sehat sangat mahal, benar bukan? Menjaga kesehatan organ tubuh wajib untuk semua orang termasuk anda. Dengan tubuh yang sehat anda dapat menikmati indahnya hidup dan melakukan semua aktifitas rutin yang seharusnya. Oleh karena itu anda perlu mengatahui keadaan ginjal anda.

Lalu, Bagaimana cara mengetahui ginjal yang sakit atau tidak? Waspada jika anda merasakan beberapa tanda-tanda terjadi kerusakan pada ginjal :

1.Mudah lelah
Penurunan fungsi ginjal yang sudah parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam aliran darah. Hal tersebut juga dapat memicu anda merasa cepat lelah, lemas dan sulit berkonsentrasi.tidak hanya itu, Rusaknya ginjal juga dapat mengakibatkan penyakit lain seperti anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Urin berbusa cukup banyak.
Anda perlu sedikit khawatir jika memproduksi banyak gelembung dalam air seni yang anda keluarkan, terlebih jika anda harus menyiramnya beberapa kali untuk membersihkan. Dalam kasus ini menunjukkan protein dalam urin. Busa tersebut mungkin terlihat  seperti busa telur saat di kocok. Itu karena air seni anda mengandung Albumin, sebuah kandungan protein yang sama pada telur.

3. Kaki Membengkak
Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium, menyebabkan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan pada ekstremitas bawah juga bisa menjadi pertanda penyakit jantung, penyakit hati dan masalah pembuluh darah kronis.

4. Otot Cepat Keram
Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi akibat gangguan fungsi ginjal. Karena kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang dikontrol dengan buruk dapat menyebabkan kram otot. Terutama mereka yang jarang olah raga.

Menjaga kesehatan ginjal dengan benar adalah salah satu upaya menjaga kesehatan organ tubuh lainya. Sebab ginjal merupakan salah satu organ penting yang berfungsi menyaring produk limbah dari aliran darah. Ginjal juga ikut terlibat dalam mengatur tekanan darah, keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta membantu produksi sel darah merah.
Jika ginjal rusak maka bisa mengacu untuk terjadi kerusakan pada organ tubuh anda yang lain seperti hati, paru-paru, jantung, bahkan dapat menimbulkan kematian.
Obat herbal ginjal
Begitu penting bukan tugas Ginjal yang terdapat pada tubuh anda? Maka dari itu anda harus menjaga kesehatan ginjal.

Ikuti beberapa saran berikut untuk menjaga agar ginjal anda tetap sehat :

Jauhi Dehidrasi
Jaga selalu tubuh agar tidak kekurangan cairan, meminum 8 gelas air putih rutin setiap hari sangat di sarankan, namun jika terasa berat anda bisa mulai minum lebih dari empat gelas sehari. Hal tersebut akan membantu ginjal anda bekerjalebih baik.

Makan makanan sehat
Ginjal anda dapat menerima berbagai macam kebiasaan makan, tapi bahwa sebagian besar masalah ginjal muncul makanan yang anda konsumsi sehari-hari, makanan yang tidak sehat lebih berpotensi nemicu diabetes. Karena itu, sangat di sarankan menjaga kebiasaan makan sehat untuk mengendalikan berat badan dan tekanan darah. Hal ini mencegah tekanan darah tinggi dan tentu akan membantu menjaga ginjal tetap dalam kondisi baik. Memakan banyak buah dan sayur lebih sehat serta jauhi makanan berkolesterol tinggi yang biasa ada pada makanan bersantan.

Berolahraga secara teratur
Olah raga sangat mebantu dalam menjaga kekebalan tubuh manusia, aktivitas fisik secara teratur dapat mencegah naiknya berat badan dan tekanan darah tinggi. Tapi anda harus menyesuaikan intensitas, karena jika latihan fisik yang over dapat membahayakan jantung.

Jauhi Suplemen dan obat 
Anda terlalu sibuk hingga menimbulkan lelah yang sangat tapi tidak di sarankan mengonsumsi suplemen berupa vitamin atau minuman penambah tenaga yang banyak warna. Sebaik-baiknya suplemen yang diberikan kepada tubuh akan menimbulkan efek pada ginjal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu untuk mengkonsumsi suplemen untuk mengetahui apakah memang benar-benar aman.

Hal ini juga perlu diperhatikan oleh anda, dari sekarang jangan suka minum obat sembarangan, apalagi meminum obat warung tanpa di sertai resep dokter. Mungkin efeknya tidak akan langsung terasa, tapi lambat tahun jika anda terlalu sering melakukan ini ginjal anda akan rusak, hindari ini untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Berhenti merokok
Kebiasaan tidak sehat seperti merokok dapat merusak pembuluh darah, dengan rusaknya pembuluh darah otomatis menurunkan suplay darah ke ginjal. Bila ginjal tidak mendapat cukup aliran darah, mereka tidak akan berfungsi optimal. Sebaiknya segera tinggalkan rokok anda karena dapat menyebabkan kangker ginjal.

Hindari minuman berwarna seperti kopi
Gaya hidup yang berlebihan dan kecenderungan meminum minuman berwarna tanpa di imbangi air putih dapat merusak kesehatan dan menimbulkan kerusakan pada ginjal. Fungsi ginjal adalah menyaring semua yang anda minum dan makan, jika anda terlalu banyak minum kopi dan minuman berwarna lain akan memberatkan kerja dari ginjal tersebut.

Jagalah lima perkara sebelum lima perkara datang, jagalah sehatmu sebelum datang sakitmu. Maka, lakukan kegiatan yang baik dengan menjaga kesehatan ginjal dengan benar. 

Artikel Terkait

Bekas tukang ngarit alias wong kampung

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon