Measles, mengenal dan mengatasi penyakit campak

Baca Juga

Measles, mengenal dan mengatasi penyakit campak - Campak adalah salah satu penyakit yang ditimbulkan karena infeksi virus, tanda-tanda yang umum terjadi pada tubuh yang terserang penyakit ini adalah dengan munculnya  ruam di seluruh tubuh berwarna merah kecoklatan, hati-hati karena sakit ini dapat dengan mudah menular.

Campak sangat mengganggu dan mengarah pada komplikasi sakit lebih serius. Gejala akan mulai muncul sekitar satu sampai dua minggu setelah virus campak masuk ke dalam tubuh. Beberapa gejala yang mungkin terjadi di antaranya adalah:
- Hilangnya kekebalan tubuh dan mulai menderita pilek, radang tenggorokan, hidung beringus, atau hidung tersumbat. Bercak putih keabu-abuan pada bagian mulut dan tenggorokan. Demam dan sebagainya.

Penyakit campak biasanya terjadi satu kali dalam hidup manusia dan hanya dapat dicegah dengan vaksin. Tapi jika memang sudah masuk ketubuh Anda memerlukan bantuan tenaga medis profesional. Karena untuk jenis penyakit campak membutuhkan diagnosis medis yang sering kali memerlukan uji atau penelitian laboratorium.
Campak measles
Gambar campak ringan yang baru mulai
Campak sangat mudah menyebar dalam jangka pendek, tapi akan reda dalam jangka waktu harian sampai mingguan.

Cara masuk penyakit campak kedalam tubuh melalui udara atau tetesan hasil pernafasan yang dihasilkan dari batuk atau bersin. Penting bagi anda untuk menjaga jarak dengan pasien yang mengidap penyakit campak karena penularanya cukup mudah. Selaih otu, Gejala campak tidak muncul seketika, tapi akan tampak ketika 10 sampai 14 hari setelah terinfeksi dan akan sulit untuk terdeteksi oleh mata. Jika virus campak bereaksi anda mungkin akan menderita batuk, pilek, mata meradang, sakit tenggorokan, demam, dan ruam kulit berbercak kemerahan.

Tragis-nya tidak ada obat untuk menyembuhkan infeksi campak yang sudah terjadi, tetapi ada obat yang dapat anda manfaatkan seperti penurun demam atau paracetamol dan vitamin A dapat anda beli di apotek untuk meringankan sakit yang ditimbulkan.

Cara penyebaran penyakit ini bisa terjadi dari ibu ke bayi dalam proses mengandung, persalinan, atau menyusui. Melalui uap air udara pernapasan batuk atau bersin. Melalui air liur berciuman atau minum bersama pada satu gelas. Melalui kontak kulit jabat tangan atau pelukan. Melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi seperti selimut atau pegangan pintu.

Penanggulangan dari penyakit campak telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia yang telah menyediakan imunisasi gratis khusus campak. Penyuluhan dan memberikan kesadaran akan bahaya penyakit berbahay jika tidak melaksanakan imunisasi tersebutpun telah di publikasikan oleh mentri kesehatan.

Vaksin campak adalah vaksin yang sangat efektif untuk mencegah penyakit campak. Sedangkan vaksin campak jerman (Rubella) yang biasa di gunakan adalah jenis MMR dan MMRV. 

Dosis yang di berikan tergantung umur anak, sekitar 85% untuk anak usia sembilan bulan dan 95% untuk anak usia di atas dua belas bulan keatas, tujuan injeksi vaksin tersebut akan menjadi imun bagi anak yang menerima virus lemah tersebut.

Imunisasi vaksin campak memberikan kekebalan spesifik terhadap penyakit tertentu di antaranya campak dan polio. Waktu yang tepat untuk memberikan vaksin campak pada tubuh ketika bayi sudah berusia 9 bulan, hal itu disebabkan daya tahan tubuh bayi akan sedikit berkurang pada umur tersebut.

Apa ada efek yang ditimbulkan setelah anak di imunisasi campak? Ada beberapa hal kecil yang akan terjadi pada bayi seperti :
- Bengkak pada kulit di area bekas suntikan selama satu hari
- Sebagian bayi akan mengalami demam selama 1-2 hari setelah lebih dari seminggu disuntik, itu karena efek dari virus yang mulai bekerja.
- Setelah 7 sampai 10 hari vaksinasi, timbul bintik kemerahan pada area bekas suntikan selama dua hari, akan tetapi hal ini jarang sekali terjadi.

Sampai di sini ilmu kesehatan yang membahas Measles, mengenal dan mengatasi penyakit campak.

Artikel Terkait

Bekas tukang ngarit alias wong kampung


EmoticonEmoticon