Menjaga kesehatan dan Mengobati sakit mata: Sehat Usia

Tags

Baca Juga

Mata adalah salah satu panca indra yang menjadi jendela kita untuk melihat indah-nya dunia. Setiap iritasi pada mata akan membuat kita merasa terganggu untuk menikmati anugrah yang diberikan sang kuasa. Maka dari itu kita perlu mengobati sakit mata dengan cepat.

Kondisi kesehatan mata yang menurun bisa terjadi karena berbagai alasan mulai dari ancaman yang sering dihadapi orang seperti terkontaminasi virus, terkena asap tebal yang membuat pedih dan mata menjadi merah, mata berair, mata belekan.

Awas! sakit mata juga mengintai Anda pengendara sepeda motor yang gemar membuka kaca helm saat berkendara. Sebab, mata yang terbuka saat menaiki sepeda motor lebih gampang terpapar debu dan partikel kecil yang terbang di udara atau masuknya Bulu Mata. Keadaan ini sangat mungkin membuat mata belekan saat bangun tidur.

Hal lain yang cukup sepele tapi dapat membuat mata Anda sakit seperti terkena paparan sinar matahari, Infeksi mata, menggosok mata berlebihan,paparan iritasi di udara, lensa kontak, salah memakai kacamata, infeksi virus seperti flu, terlalu banyak menonton TV atau laptop,mata kering akibat berkurangnya blinking atau dehidrasi.
sakit mata merah belekan
Contoh bintik merah pada mata
Pertanyaan paling umum yang terlontar setelah Anda sakit mata adalah , "Apakah ada cara untuk mengobati sakit mata dengan cepat?" jika anda bertanya seperti itu maka saya akan menjawab "Ya, memang ada. Bukan hanya satu, tapi banyak cara alami yang mudah untuk mengobati keluhan pada mata Anda".

Sebelum masuk lebih jauh tentang cara mengobati sakit mata yang anda derita saat ini, lebih baik kita bahas terlebih dahulu tips untuk menjaga kesehatan mata agar kelak anda tidak menderita karena merasakan sakit pada mata.

- Memakai kacamata hitam, sejumlah masalah besar terkait dengan sakit mata dapat dihindari hanya dengan memakai kacamata hitam. Saat Anda keluar dari rumah anda akan berinteraksi langsung dengan matahari, selalu ingat untuk memakai kacamata hitam. Pastikan kacamata hitam yang Anda beli memiliki perlindungan UV. Bukan hanya sekedar kacamata Sun Glass. Jika Anda kebetulan menjadi perenang, pastikan untuk memakai kacamata saat Anda memasuki kolam untuk mencegah zat klorin mempengaruhi mata Anda. Klorin cenderung membuat mata Anda terasa gatal dan juga menjadi salah satu penyebab mata merah dan bengkak.

- Minum air putih yang banyak, mata Anda perlu dijaga agar terhindar dari dehidrasi, dan masalah ini dapat di atasin dengan mudah, Anda hanya perlu meminum sedikig lebih banyak air. Terutama saat musim panas(kemarau), air tidak hanya membantu untuk mendinginkan tubuh Anda tapi juga memberi energi. Ini juga memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda termasuk mata.

- Diet Dengan Sehat, faktor penting lain-nya untuk menjaga kesehatan mata adalah diet sehat. Diet sehat dan bergizi dapat membuat Anda bebas stres yang akan membuat mata Anda sehat. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin A seperti yang terkandung dalam wotel dan Telur. vitamin C pada jeruk. Vitamin dari buah akan mendukung kesehatan mata dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

- Melatih mata, Bukan hanya fisik yang butuh latihan akan tetapi mata juga perlu. Lakukan latihan mata sederhana setiap hari agar otot dan mata Anda tetap kuat. Melatih mereka juga mengurangi ketegangan pada mata khususnya bagian Retina, Cobalah dengan memandang benda kecil yang jauh kemudian dekatkan pandangan, hal ini dapat membantu otot mata agar tetap elastis.

- Jauhi Stres, Sress tidak hanya menyebabkan sakit pada perut, tapi sejumlah besar penyakit mata disebabkan oleh tekanan mental yang terlalu kuat. Kurangnya istirahat dan tidur yang tepat adalah faktor utama di balik meningkatnya tingkat stres. Itulah mengapa penting agar Anda memberi tubuh dan pikiran Anda jeda. Tidur minimal selama 8 jam setiap hari agar tetap tertekan. Berlatih yoga dan meditasi juga dapat membantu menjaga kesehatan dan mengurangi stress.

- Hindari Stres Fisik, sebagai pegawai kantor atau penulis tentu akan menggunakan mata kita tetap terjaga dalam kurun waktu yang cukup lama untuk mengamati lingkungan atau saat Anda terus menatap layar, seperti komputer atau layar TV, Layar Smartphone mata Anda mengalami tekanan fisik.

Sayangi diri anda dengan memberikan mata waktu untuk istirahat dengan melihat ke tempat lain atau pada titik yang jauh selama beberapa menit. Jika ada pohon atau semak di sekitar, saya sarankan untuk menatapnya sejenak Karena warna hijau dipercaya bisa menenangkan mata.

Jika mata mulai sakit maka akan pertanyaan yang timbul seperti 
"Apakah sakit mata menular?"
Benar, sakit mata dapat menular dalam beberapa kondisi, menularnya sakit mata bisa disebabkan karena infeksi mata karena virus tertentu, dan ada juga berbagai cara lain di mana infeksi virus pada mata dapat menular.

Apakah sakit mata termasuk tanda wabnita hamil?
Meskipun saki mata pada dasarnya bukan tanda kehamilan, banyak wanita mengalami kekeringan pada mata kemudian terganggu dalam  penglihatan. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh wanita selama masa kehamilan.

Berapa lama sakit mata sembuh?
Sakit pada mata berlangsung selama beberapa hari setelah gejala awal muncul, lama atau cepat proses penyembuhan tergantung penyebabnya. Waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan sakit mata juga tergantung pada intensitas infeksi konjungtivitis bisa berupa bakteri, klamidia, atau virus, tergantung dari mana timbulnya sakit tersebut.

Setelah kita tahu seberapa besar bahaya dan dampak dari sakit mata tentu kita akan mencari cara menanggulangi-nya. Sekarang akan kita coba bahas berbagai hal cara mengobati sakit mata merah dan belekan dengan beberapa bahan yang tidak sulit untuk ditemukan.

Sebelum kita beralih menggunakan obat modern, ada baik-nya Anda mencoba alternatif menggunakan obat sakit mata alami dengan komposisi dan racikan yang mudah untuk di aplikasikan seperti :

A. Mentimun untuk obat mata (Water melon)
Untuk membuat obat sakit mata dari mentimun  sangat efektif untuk orang dewasa, tapi anda perlu menyiapkan beberapa bahan berikut :
- 2 irisan mentimun
- Air dingin
Cara melakukan pengobatan dengan merendam irisan timun ke dalam air dingin selama 2-3 menit. Kemudiam letakkan timun tersebut diatas mata selama 10 menit. Ulangi ini bila diperlukan untuk memberikan bantuan dari rasa sakit saja.

Alasan:
Mengapa harus timun? Mentimun memiliki efek pendinginan pada tubuh kita. Efeknya juga sama dengan mata kita. Mentimun juga digunakan berbagai klinik kecantika untuk menenangkan mata dan menyembuhkan rasa sakit atau iritasi. Khasiat buah Mentimun juga di percaya dapat membantu menyingkirkan masalah lingkaran hitam pada mata dab iritasi ringan yang disebabkan mata kering.

B. Lidah buaya / Aloe Vera
Selain dapat di gunakan untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut, efek dingin dari Lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan mata, siapkan bahan berupa :
- 1 sendok teh gel lidah buaya
- 1-2 sendok makan air dingin
- 2 kapa katun atau seperlunya.
Cara meracik obat sakit mata menggunakan lidah buaya, silahkan ambil gel lidah buaya segar dan encerkan dengan air dingin. Rendam kapas di tempat ini dan letakkan di kelopak mata selama 10 menit. Lakukan hal ini dua kali sehari.

Alasan :
Lidah buaya telah dikenal memiliki khasiat penyembuhan. Ini memiliki efek relaksasi pada mata Anda karena sifatnya yang dingin dan menenangkan. Lidah Buaya juga mengandung senyawa antimikroba dan antioksidan yang bisa mengobati penyebab rasa sakit di mata Anda.

Hal yang perlu anda perhatikan.  Gunakan hanya gel Lidah Buaya yang masih segar atau organik. Tidak disarankan menggunakan Varietas lain karena mungkin mengandung zat aditif yang dapat menimbulkan iritasi mata Anda.

C. Minyak Jarak/Castor Oil
Siapkan bahan karena Anda butuh beberapa tetes minyak jarak organik murni. Cara mengobati sakit mata dengan minyak jarak cukup mudah, teteskan minyak tersebut pda mata Anda kemudian biarkan semalaman, ulangi hal ini setiap malam atau anda juga bisa sesekali lagi mengaplikasikan-nya di siang hari.

Alasan:
Minyak jarak memiliki efek menenangkan pada mata Anda dan dapat membantu mengurangi iritasi mata dengan sifat anti-inflamasi. Aktivitas antimikroba akan hilang. Minyak jarak juga membantu mengobati mata kering, yang merupakan salah satu penyebab umum sakit mata.

D. Air Mawar untuk obat sakit mata
Siapkan satu botol air mawar beserta kapas putih yang steril.
Cara mengobati mata sakit dengan air mawar, celupkan kapas ke air mawar dan peras. Tempelkan kapas tersebut di kelopak mata tertutup dan biarkan selama 10-15 menit. Gunakan air mawar dingin untuk hasil terbaik. Dan lakukan kompres mata dengan air mawar 2-3 kali dalam sehari.

Alasan:
Air mawar adalah obat rumah yang terkenal untuk menghilangkan rasa sakit dan rasa perih pada mata. Sensasi dingin air mawar akan segera menyembuhkan mata Anda dari sakit.

E. Cuka Apel Untuk obat mata
Siapkan bahan berupa :
- 1 sendok makan cuka apel
- 2 sdm air
- Bola kapas
Silahkan rendam bola kapas bersih dalam campuran cuka dan air. Kemudian letakkan kapas itu di kelopak mata Anda selama kurang lebih 10 menit. Ulangi ini satu atau dua kali dalam sehari.

Alasan:
Cuka aple mengandung asam malat yang sangat membantu dalam melawan bakteri yang mempengaruhi mata, selain itu efek dari air dan cuka apple dapat memberikan rasa tenang pada mata Anda.

F. Susu Dan Madu Untuk obat sakit mata
Sediakan behan alami berikut :
- 1 sendok teh susu hangat
- 2-3 tetes madu
- Botol penetes (harus steril) 
Cara membuat obat sakit mata dengan campur madu dan susu. Masukkan pada botol penetes yang bersih, tuangkan satu atau dua tetes campuran ini ke mata yang sakit. Pejamkan mata selama beberapa menit. Kemudian bilas mata dengan air bersih.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya, ulangi proses ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Alasan:
Madu sangat dikenal memiliki kualitas antibakteri dan secara efektif dapat mengobati konjungtivitis dan infeksi mata lainnya. Kehangatan susu akan menenangkan iritasi dan pembengkakan yang terjadi pada mata.

G. Baking Soda Untuk obat sakit mata
Selain dapat digunakan untuk obat pemutih gigi dan kulit, baking soda juga dapat anda manfaatkan untuk obat sakit mata.

Sediakan 1 sendok teh baking soda dan secangkir air atau segelas. Ambil cangkir atau gelas yang muat untuk mata Anda. Tambahkan baking soda ke dalam cangkir dan isi dengan air. Pegang mata di atas air ini dan cobalah untuk tetap terbuka selama mungkin. Cobalah dan putar mata Anda sekitar satu atau dua menit. Dengan kata lain rendam mata anda dalam campuran air dan baking soda. Setelah selesai bilas mata Anda denga air bersih.

H. Kentang Untuk mengobati sakit mata
Sediakan kentang dan kapas pad (kapas organik lembaran). Kupas dan parut kentang-nya, peras jadikan jus dan tuangkan air ke atas cotton pad. Tempatkan kapas yang dilapisi pada mata yang sakit selama 15 menit. Ulangi hal ini satu kali setiap hari dan gunakan pada waktu terbaik malam hari atau sebelum anda tidur.

Alasan:
Kentang mudah didapat di setiap rumah tangga. Selain meningkatkan rasa banyak masakan, kentang juga bisa membantu mengurangi segala jenis radang mata karena memiliki sifat antimikroba.

I. Daun Ketumbar Untuk obat sakit mata
Siapkan segenggam daun ketumbar dan botol penetes mata. Kocok daun ketumbar sampai keluar air. Masukkan air daun ketumbar dalam botol kemudian teteskan kemata, tuangkan dua tetes pada masing-masing mata, ulangi sampai 2 kali sehari.

Perhatian!!! 
Meski cara ini ampuh untuk mengobati sakit mata tapi jangan gunakan obat ini untuk mengobati mata yang sakit yang di timbulkan selain dari infeksi. (hanya untuk mengobati mata yang terkena infeksi).

J. Epsom Salt Untuk mengobati mata
Epsom Salt atau biasa disebut garam inggris selain dapat mengobati batu empedu juga dapat di manfaatkan untuk menangani sakit pada mata.
Siapkan 1 sendok teh garam inggris, 1/2 cangkir air panas, kapas putih. 

Masukkan garam ke dalam air panas dan aduk rata sampai larut. Setelah suhu menjadi hangat silahkan rendam kapas kemudian letakkan di atas mata. Biarkan selama 5-7 menit kemudian bilas mata Anda dengan air dingin. Oleskan sedikit pelembab di sekitar mata untuk mencegah kulit mengering yang di timbulkan oleh garam.

Alasan:
Garam inggris memiliki khasiat untuk menenangkan mata dan antimikroba. Sangat cocok untuk mengobati sakit mata yang disebabkan karena kelelahan dan infeksi.

K. Daun Jambu Biji untuk obat mata
Siapkan :
- 4-5 lembar daun jambu biji
- Segelas air
- Sebuah facecloth yang lembut

Rebus daun jambu biji dan kemudian gunakan air tersebut untuk membasahi facecloth, kompress mata anda dengan air rebusan jambu biji dan diamkan selama 10-12 menit. Ulangi setiap hari sampai infeksi mata hilang.

Alasan:
Mata yang sakit akibat infeksi bisa diobati dengan obat ini karena daun jambu biji memiliki khasiat antimikroba, anti-inflamasi, dan analgesik. Sangat manjur mengatasi Iritasi, pembengkakan, dan rasa sakit.

L. Jeruk Calamansi untuk obat mata
Jeruk calamansi atau jeruk kalamasi adalah jenis jeruk yang mempunyai rasa asam saat masak dan pahit saat masih mentah. Jeruk ini tumbuh subur di tanah Indonesia tepatnya kota bengkulu. Jeruk biasa di manfaatkan untuk merawat kulit dan juga dapat digunakan sebagai obat mata. Caranya, siapkan bahan untuk obat sakit mata berupa:
- 1 sampai 2 tetes air perasan jeruk calamansi
- 3 sampai 4 tetes air hangat
Encerkan perasan jeruk calamansi dengan air dan tuangkan satu atau dua tetes ke mata yang sakit. Roll mata beberapa kali dan kemudian bilas dengan air agar perasan jeruk keluar. Lakukan pengobatan mata ini sekali dalam sehari.

Alasan :
Calamansi (atau calamondin) masuk dalam jenis buah jeruk hibrida yang biasa dikenal dengan nama jeruk nipis. Seperti buah jeruk lainnya, mengandung asam sitrat yang memiliki khasiat antimikroba yang dapat menangani infeksi pada mata. Meski memiliki efek asam yang menyengat jeruk ini termasuk obat alami mata yang mujarab.

M. Membasuh mata dengan kunyit
Sediakan bahan:
- 1/2 sendok teh kunyit
- satu gelas air
- Botol penetes
Panaskan air sampai terasa hangat lalu tambahkan bubuk kunyit ke dalamnya, campur dengan baik sampai rata kemudian teteskan campuran ini ke mata yang terkena infeksi. Anda dapat melakukan hal ini sampai dua kali dalam sehari. Selain dapat di jadikan obat mata kunyit juga dapat dibuat sebagai minuman kesehatan

Alasan:
Kunyit memiliki komponen antimikroba yang akan mengobati infeksi pada mata. Terlebih kunyit juga mempunyai kandungan antioksidan dan khasiat anti-inflamasinya akan memberikan rasa nyaman pada mata yang disebabkan oleh pembengkakan dan kelelahan.

Artikel Terkait

Bekas tukang ngarit alias wong kampung

7 komentar

Ada sedikit tambahan om untuk tips menjaga kesehatan mata, boleh dicoba dan diterapkan yaitu sebisa mungkin setiap pagi memandangi tumbuhan seperti sawah yg berwarna hijau atau memandangi langit, cukup 10 menit saja, emang terlihat agak kurang meyakinkan, namun di keluarga saya hal ini udah diterapkan sejak dulu dan hasilnya seperti yg saya rasakan sendiri hingga saat ini Alhamdulillah kesehatan mata tetap terjaga meski sering di depan komputer tanpa perlu menggunakan kacamata... untuk alasan secara medis saya tidak bisa menjelaskan karena hal ini hanya keyakinan turun temurun...
Hanya berpendapat, bisa efektif bisa juga tidak, yg jelas hal ini tidak berbahaya dan tanpa efek samping. Maturtengkyu... 🙏🙏🙏😂

Bener sekali mas, itu Karena warna hijau memiliki efek dapat memenagkan Mata yang stress

Tambahan dari mas wahyu iwe itu kan tips dari Hujjatul Islam Imam Gozaly sang ahli syufi dalam kitabnya yang sudah ratusan tahun tertulis, Mantab dech.. ternyata terbukti.. dan yang merusak mata (mengurangi ketajaman mata) kata imam gozaly juga salah satunya adalah melihat kemaluan wanita, Ups! maaf mas agak parno ;) memang itu adanya. hahaha...

Waduh... Terimakasih nih kunjungan-nya,,
Jadi enak saya makin komplit ini halaman..

Ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk mata ya. Saya pikir hanya untuk perawatan rambut aja.

Bisa om... Tanpa efek samping malah..


EmoticonEmoticon